Dari Kewpie sampai Denny’s Japan, Franchise di Jepang Naik Harga Akibat Melonjaknya Harga Telur


NIYUSU.ID - Kenaikan harga telur karena wabah flu burung mengakibatkan beberapa produk franchise di Jepang naik harga. Beberapa di antaranya adalah produsen mayonaise Kewpie dan makanan cepat saji Denny’s Japan. Kewpie mengumumkan bahwa mereka akan menaikkan harga mayonnaise rumah tangga hingga sekitar 21% mulai April, karena harga telur melonjak akibat wabah flu burung.

Dilansir dari Neo Tokyo 2099, Kewpie akan menaikkan harga untuk 36 item, termasuk mayonnaise rumah tangga, dari pengiriman pada 1 April, meningkatkan harga referensi eceran sekitar 3% hingga 21%. "Kewpie Mayonnaise 450 gram" akan mengalami kenaikan sebesar 45 yen dan sekarang menjadi 520 yen (termasuk pajak). Harga mayonnaise sudah dinaikkan keempat kalinya sejak Juli 2018, dan meningkat lebih dari 140 yen dari 378 yen (termasuk pajak) dua tahun yang lalu. Kewpie menjelaskan bahwa sangat sulit untuk menyerap kenaikan biaya melalui usaha perusahaan sendiri, karena harga telur melonjak akibat wabah flu burung dan harga bahan baku seperti minyak masak juga melonjak. Selain itu, Neo Tokyo 2099 pun melaporkan bahwa Denny's Japan akan menaikkan harga 71 item, termasuk hamburger, yang mencakup sekitar 90% dari produk mereka. Rentang kenaikan harga akan menjadi 10 hingga 60 yen untuk hamburger, 10 hingga 50 yen untuk pasta, dan hingga 150 yen untuk daging seperti steak. "Demi-stewed hamburger" akan naik dari 940 yen termasuk pajak menjadi 990 yen. Minuman dan item untuk diambil keluar juga akan dinaikkan. Kenaikan harga yang terus berlanjut pada September tahun lalu disebabkan oleh melonjaknya harga bahan baku dan energi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.