Kerja Sama Gramedia dengan Penerbit Kadokawa Asal Jepang, Membuka Peluang Karya Lokal Mendobrak Pasar Global



NIYUSU.ID - Pada tanggal 5 Januari kemarin, Gramedia resmi bekerja sama dengan Kadokawa, sebuah perusahaan penerbit raksasa asal Jepang yang sudah banyak menerbitkan komik, light novel, game dan film. Pembentukan kerja sama ini atau disebut juga joint venture, membuat dua perusahaan besar ini membuka pasar bisnis baru dan memberikan peluang untuk karya lokal merambah ke pasar global.

Dikutip dari Kompas.id, CEO Gramedia Priyo Utomo mengatakan, "kerja sama dengan Kadokawa merupakan salah satu respons terhadap disrupsi di dunia penerbitan. Sebab, transformasi saja tidak cukup sehingga membutuhkan kolaborasi untuk memperluas pemasaran konten-konten lokal."

Kerja sama ini akan membuat banyak perkembangan literasi di Indonesia dan membuat karya lokal mendapatkan peluang di pasar global. Menurut Priyo Utomo, banyak konten lokal yang berpotensi untuk dibawa ke pasar global bukan hanya untuk diterjemahkan dalam bentuk buku namun juga sebagai anime, film bahkan video game.

Gramedia sendiri juga sering menerbitkan karya-karya asal Jepang sejak 1980-an seperti novel karya Eiji Yoshikawa yang pertama kali diterbitkan dalam format cerita bersambung di Harian Kompas.

Menurut CEO Kadokawa Takeshi Natsuno bahwa kerja sama Gramedia dengan Kadokawa akan meningkatkan peluang bagi karya lokal dan Jepang dalam pemasaran minat di pasar Indonesia dan Jepang.

Dikutip dari Kompas.id Takeshi Natsuno mengatakan ”Kami sangat senang dapat bermitra dengan Gramedia, perusahaan penerbitan terkemuka di Indonesia. Hal ini sangat penting untuk ekspansi bisnis kami di luar negeri,”.

Reporter: Christian Liel

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.